Jurnal refleksi ini menggunakan Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal) : Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan.
Sekolah merupakan sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya. Faktor biotik di sekolah diantaranya adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan warga sekolah. Sedangkan faktor abiotik seperti perpustakaan, ruang kelas, ruang guru, kantin, halaman sekolah, dsb.
Kepala Sekolah sebagai pemimpin ekosistem seharusnya memiliki kemampuan kepribadian, manajerial, supervisi dan sosial.
Yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien adalah memetakan kelebihan dan potensi sekolah, menetapkan tujuan yang ingin dicapai.
2. Feelings (Perasaan)
Hal baru yang saya pelajari dari Modul 3.2 tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya yang merupakan bagian dari Modul terakhir Pendidikan Guru Penggerak membuat saya semakin antusias dalam mempelajari bagaimana cara mengelola sebuah aset yang dimiliki oleh sekolah untuk pengembangan kualitas pembelajaran yang lebih baik
3. Findings (Pembelajaran)
Di dalam modul ini saya mempelajari bagaimana cara pandang kita mengelelola sebuah sumbedaya dan mengambil sebuah tindakan. Dua pendekatan dalam mengelola sebuah aset adalah Pendekatan Berbasis Kekurangan/Masalah (Deficit-Based Thinking) dan Pendekatan Berbasis Aset/Kekuatan (Asset-Based Thingking)
4. Future (Penerapan)
Dalam mengelola sebuah sumberdaya yang dimiliki oleh sekolah, cara yang paling tepat digunakan adalah dengan Pendekatan Berbasis Aset atau kekuatan. Melalui pendekatan ini, menuntun kita untuk fokus pada kekuatan yang dimiliki untuk selalu mencari dan menemukan gagasan yang efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan.