Perencanaan Pengembangan Kompetensi dianjurkan memiliki rentang poin minimum antara 32 (tiga puluh dua) dan 128 (seratus dua puluh delapan dalam satu semester) (Perdirjen GTK/Nomor7607/B.B1/HK.03/2023). Poin tersebut diperoleh dengan memilih Rencana Hasil Kerja yang efektif dan berdampak bagi diri sendiri, maupun Satuan Pendidikan.
Berikut RHK, Jumlah Poin dan Bukti Dukung bagi Kepala Sekolah
No |
RHK |
Catatan |
Bukti Dukung |
Poin |
1 |
Meningkatnya kinerja satuan
pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui penggerak
komunitas belajar dengan mengadakan minimal 3 kegiatan berbagi praktik baik |
3 kegiatan setara 36
poin. |
Sertifikat |
36 |
2 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui peraih
pengakuan atau penghargaan terhadap kompetensi dan kinerjanya dalam berbagai
wadah atau ajang |
1 pengakuan atau
penghargaan setara 12 poin. |
Piagam |
12 |
3 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui
narasumber berbagi praktik baik dalam kegiatan yang terkait implementasi
Kurikulum Merdeka dan/atau Perencanaan Berbasis Data |
1 kegiatan berdurasi
2-3 jam setara 8 poin. |
Sertifikat |
8 |
4 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui penyusun
perangkat ajar yang dapat dibagikan kepada Guru dan/atau Kepala Sekolah lain |
1 Perangkat Ajar yang
terbit di PMM setara 24 poin. |
Perangkat Ajar yang terbit di PMM |
24 |
5 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui penyusun
kumpulan konten unggulan yang dapat dibagikan kepada Guru dan/atau Kepala
Sekolah lain |
1 Kumpulan Konten
Unggulan yang terbit di PMM setara 6 poin. |
Kumpulan Konten Unggulan yang terbit di PMM |
6 |
6 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui penelaah
cerita praktik yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain |
10 Cerita Praktik
setara 6 poin. |
Laporan |
6 |
7 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui penyusun
cerita praktik yang dapat dibagikan kepada Guru dan/atau Kepala Sekolah lain |
1 Cerita Praktik yang
terbit di PMM setara 12 poin. |
Cerita Praktik yang terbit di PMM |
12 |
8 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui penelaah
aksi nyata sejawat yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain |
10 Aksi Nyata setara 6
poin. |
Laporan |
6 |
9 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui penelaah
perangkat ajar yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain |
10 Perangkat Ajar
setara 6 poin. |
Laporan |
6 |
10 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui
partisipan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan
diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat |
1 observasi sebagai
pelaku dan pengamat secara bergantian setara 8 poin. |
Laporan |
8 |
11 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui coach,
mentor, fasilitator, dan/atau pengajar praktik dalam kegiatan pengembangan
kompetensi kepada Guru, Kepala Sekolah, dan/atau pengawas sekolah |
1 kegiatan berdurasi
2-3 jam setara 12 poin. |
Sertifikat |
12 |
12 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui
partisipan kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, simposium, dan/atau studi
banding lapangan yang diselenggarakan di bidang pendidikan |
1 kegiatan setara 4 poin. |
Sertifikat |
4 |
13 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui peserta
coaching atau mentoring pengembangan kompetensi oleh Guru, Kepala Sekolah,
dan/atau pengawas sekolah |
1 kegiatan berdurasi
2-3 jam setara 4 poin. |
Sertifikat |
4 |
14 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui peserta
kegiatan pelatihan atau bimbingan teknis yang memperoleh sertifikat di bidang
pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi |
1 kegiatan berdurasi
2-3 hari setara 8 poin. |
Sertifikat |
8 |
15 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui peserta
pelatihan mandiri sesuai model kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan/atau
pengawas sekolah |
1 pelatihan beserta
Aksi Nyata setara 8 poin. |
Sertifikat Topik |
8 |
16 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui peserta
berbagi praktik baik yang diselenggarakan komunitas belajar |
1 kegiatan berdurasi
2-3 jam setara 4 poin. |
Sertifikat |
4 |
17 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui peserta
program pelatihan dan pendidikan jangka pendek atau menengah pada bidang
kepemimpinan dan bidang teknis yang relevan, seperti Pendidikan Guru
Penggerak atau pelatihan manajerial Kepala Sekolah |
1 kegiatan berdurasi
3-6 bulan setara 128 poin. |
Sertifikat |
128 |
18 |
Meningkatnya kinerja
satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Kepala Sekolah melalui peserta
praktik magang pada dunia kerja dan/atau bidang lain yang relevan |
1 kegiatan berdurasi
2-4 minggu setara 24 poin. |
Sertifikat |
24 |